Wednesday, August 16, 2017

Text Mining (Twitter Analysis) Outputs in R

August 16, 2017
6
Tulisan ini adalah kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul Text Mining Analysis with R. Tulisan tersebut menyajikan langkah-langkah analisis Text Mining, sedangkan tulisan ini menyajikan outputnya. Oke guys, let's check it out...!
  1. Frequent Terms Plot. Plot ini menyajikan kata-kata yang sering keluar disertai jumlah frekuensi keluarnya kata tersebut yang ditampilakn dalam bentuk diagram plot.
    4
  2. Bar Plot of Frequent Terms
    Secara esensi sama dengan plot kata, tetapi bentuk penyajiannya berbeda.
    7 
  3. Frequent Terms dan Terms Association
    Output ini menjelaskan kata-kata yang sering keluar dengan frekuensi minimum 100 (minimal 100 kali keluar/digunakan). Adapun asosiasi kata menyajikan kata-kata yang berhubungan dengan kata tertentu (dalam hal ini adala "yogyakarta" dengan kemungkinan hubungan minimal sebesar 0,3.
    Terlihat kata-kata yang berhubungan dengan "yogyakarta" di antaranya adalah asean (0,51), populer (0,49), dan eksotisme (0,47).

    8
  4. Clustering Terms
    Menampilkan kata-kata yang telah ter-cluster yang disajikan dalam suatu cluster dendogram.
    5
  5. Word Cloud
    Menampilakan kata-kata yang sering keluar atau paling populer dalam data teks yang disajikan dalam bentuk awan, sehingga output seperti ini disebut awan kata.
6
Sekian pembahasan mengenai Text Mining Analysis dari penulis.

Untuk menambah wawasan mengenai analisis teks menggunakan R, mengetahui metode-metode analisis lain untuk Text Mining, skrip dan pembahasan lebih lengkap tentang Text Mining Analysis with R, Anda dapat mengunjungi link ini http://www.rdatamining.com/docs/text-mining-with-r-of-twitter-data-analysis. Semoga bermanfaat.

Thanks for reading Text Mining (Twitter Analysis) Outputs in R

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Copyright © KESAKSIAN. All rights reserved. Template by CB Blogger