Tuesday, September 25, 2012

BUKAN "TAKMIR" MASJID

September 25, 2012


Ada sebagian, bahkan banyak, yang mengartikan 'kemakmuran' atau 'memakmurkan' atau lebih tepatnya Dewan Kemakmuran Masjid, itu dengan padanan kata bahasa arab "ta'mir" masjid.
entah bahasa itu berawal dari siapa dan dari mana. kata "ta'mir" yang sering kita dengar sebagai sebutan bagi orang-orang yang suka memakmurkan masjid itu keliru jika ditinjau dari sisi kebahasan, kecuali jika menambahkan bahasa itu ke dalam kamus besar bahasa indonesia sebagai kosa kata baru bagi bahasa kita.
ta'mir diambil dari kata 'ammara-yu'ammiru-ta'miirun (عمّر - يعمّر - تعمير) yang artinya adalah "memberi umur". jika malas untuk mencarinya dalam kamus bahasa arab, kita bisa tahu dari surat al-Baqarah ayat 96.
يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِ مِنَ الْعَذَابِ أَنْ يُعَمَّرَ 
"Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal diberi umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya dari siksa."
dalam ayat ini kata tersebut diredaksikan dalam bentuk pasif, yakni "diberi umur" (yu'ammaru). kiranya dari sini kita tahu bahwa penamaan ta'mir masjid bagi kemakmuran masjid itu tidak tepat, kecuali jika memang maksudnya adalah sebagai pemberi umur bagi mesjid, maksudnya melestarikan masjid. (di-ta'wil saja lah... ^_^)

lantas, apa padanan kata memakmurkan/meramaikan dalam bahasa arab?
kata memakmurkan/meramaikan dalam bahasa arab adalah 'amara-ya'muru-'amrun-'amaaratun (عمر - يعمر - عمر - عمارة).
jika malas mencari di kamus bahasa arab atau memang tidak punya kamusnya sama sekali, kita bisa lihat, salah satunya, dalam surat at-Taubah ayat 18.
...إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ
"Hanyalah yang memakmurkan/meramaikan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian..."

jadi, jika kita ingin memberi nama kemakmuran masjid dengan bahasa arab hendaknya memakai kata "'imaaratul masjid" (keramaian masjid). kalau yang meramaikan masjid disebut "'aamirul masjid". ma'mur itu berarti "yang diramaikan" tetapi sudah lazim menjadi bahasa serapan kita, ma'mur ya makmur.

memang bisa juga kata 'ammara-yu'ammiru ini diartika sebagai "membuat orang/hal lain memakmurkan/meramaikan masjid" dengan memasukan kata 'amara kepada pola "fa''ala" menjadi "'ammara" sehingga memiliki dua objek. namun maknanya akan semakin rancu, terutama bagi padanan kata "Dewan Kemakmuran Masjid". ^_^

lalu mengapa orang orang seringkali menyebut "takmir masjid" bukan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) saja sekalian biar di-Indonesiakan, kalau bahasa saya "Indonesiaisasi", ngejelimet juga ya... ^_^ :D
ya, saya juga tidak tahu mengapa seperti itu, mungkin yang memberi nama ada maksud lain sehingga nama yang diberikan adalah "takmir masjid", di awal pembicaraan juga saya sudah mengungkapkan ketidaktahuan saya tentang dari mana dan siapa yang mengawali istilah seperti itu. kalau ada yang tahu, kasih tahu saya ya... ^_^ :)

mungkin sebagian orang ada yang menyanggah, "ya sudahlah, itu kan masalah kebahasaan saja, toh yang penting esensi dan eksistensinya sesuai dengan apa yang diharapkan, yaitu kemakmuran masjid"
saya jawab, "ya memang, tapi nggak jelek juga kan???"
 
### Oke, sampai di sini adalah postingan sebelum direvisi. Di bawah ini adalah tambahan.

Terima kasih kepada yang sudah berkomentar dan memberi masukan untuk postingan ini, sehingga kekurangan dapat dilengkapi dan kesalahan dapat diperbaiki. Di antara isi dari komentar yaitu bahwa kata عمّر - يعمّر - تعمير merupakan kata yang diderivasi dari عمر - يعمر - عمارة yang berarti "meramaikan", lalu dimasukkan kepada wazan فعّل - يفعّل - تفعيلا . Dengan demikian, penamaan "ta'mir" dalam konteks DKM sudah benar dan bermakna serupa dengan عمر - يعمر - عمارة yaitu meramaikan.



Thanks for reading BUKAN "TAKMIR" MASJID

Related Posts

Your Comments

10 comments:

  1. Syuro Pleno. Terlihat keren, pake bahasa Arab tuh, dari Al-Qur'an lagi... taaapiiiiii titik titik... :D

    *Hanya kebahasaan kok... hihihihihi...

    ReplyDelete
  2. thanks for comment, friend. ^_^
    klo syuuroo, bsa jd fi'il mabni majhul (kta kerja pasiv) bsa jg jd isim (kta benda). klo fi'il mabni majhul artinya dimusyawarahkan/didiskusikan/dimintakan saran. klo jd isim artinya jd musyawarah, klo d al-munaawir artinya saran. kan ada slah satu surat al-Qur'an yg nmanya asy-Syuuraa, bsa diartikan musyawarah.

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf, ikut comment mudah2an bermanfaat..
    Bila bapak/Ibu Ta'mir Masjid membutuhkan Jadwal Sholat Digital/Jam Sholat, Timer Iqomah/Counter Iqomah dan lain-lain bisa order ke kami, produsen Jadwal Sholat Digital di Solo.

    Zaky Digital Media
    Call/SMS/WA : 0857 246 246 66, PIN BB : 30ed0c47
    Atau kunjungi kami di www.timersholat.com

    ReplyDelete
  4. Dalam bahasa Arab (khususnya ilmu shorrof) diantara salah satu satu fungsi (faidah) makna wazan "fa"ala" adalah "ittihaadul fi'li minal ismi" artinya membuat atau membentuk fi'il (kt. kerja) dari isim (kt. benda). ex.kata 'iid (lebaran) jika mau dibentuk fi'il maka diikut wazankan fa"ala menjadi 'ayyada yang artinya berlebaran. kalao kata 'imaroh masjid mau dibentuk fiil tinggal samakan dengan wazan fa"ala menjadi "ammara al masjida yang artinya memakmurkan masjid. jadi kata takmir yang merupakan kata kerja abstrak dari "ammara" sama sekali tidak salah.
    Lagi pula kata takmir lebih enak diucapkan dari pada 'imarah

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah tambah ilmu syukron

    ReplyDelete
  6. The ongoing mass homicide of blameless younger students in Nigeria is only a proceeding with ambush by extraordinary religious gatherings forcing their extreme philosophy after clueless exploited people. Islamic Fiqh

    ReplyDelete
  7. Ta'mir itu lebih ke DKM

    ReplyDelete

Copyright © KESAKSIAN. All rights reserved. Template by CB Blogger